• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Worksheet Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Fadhilah Nur Afifah_210210104054 (6.055Mb)
    Date
    2025-01-16
    Author
    AFIFAH, Nur Afifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA masih berada di tingkat yang rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis diantaranya kurangnya minat peserta didik dalam membaca bahan pelajaran, pemanfaatan media dan bahan ajar yang monoton serta belum optimal dalam mengasah keterampilan berpikir kritis. Alternatif solusi sesuai dengan permasalahan tersebut ialah mengembangkan bahan ajar berupa e-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-worksheet dalam pembelajaran IPA. Model pengembangan yang diterapkan yakni model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Perolehan nilai validasi e-worksheet ialah 92,07% menunjukkan kriteria valid dan nilai validasi modul ajar sebesar 89,66% menunjukkan kriteria valid. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-worksheet ialah termasuk kriteria sangat praktis yakni 94,39%. E-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues termasuk kategori tinggi dengan skor N-gain yakni 0,80 dan angket respon siswa sebesar 88% menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127074
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository