Pengembangan E-Worksheet Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA masih berada di tingkat yang rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis diantaranya kurangnya minat peserta didik dalam membaca bahan pelajaran, pemanfaatan media dan bahan ajar yang monoton serta belum optimal dalam mengasah keterampilan berpikir kritis. Alternatif solusi sesuai dengan permasalahan tersebut ialah mengembangkan bahan ajar berupa e-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-worksheet dalam pembelajaran IPA. Model pengembangan yang diterapkan yakni model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Perolehan nilai validasi e-worksheet ialah 92,07% menunjukkan kriteria valid dan nilai validasi modul ajar sebesar 89,66% menunjukkan kriteria valid. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-worksheet ialah termasuk kriteria sangat praktis yakni 94,39%. E-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues termasuk kategori tinggi dengan skor N-gain yakni 0,80 dan angket respon siswa sebesar 88% menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan e-worksheet berbasis Socio-Scientific Issues dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.