dc.contributor.author | AGATHA, Tafya Saufika | |
dc.date.accessioned | 2025-07-03T07:46:57Z | |
dc.date.available | 2025-07-03T07:46:57Z | |
dc.date.issued | 2025-01-22 | |
dc.identifier.nim | 211910501034 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127057 | |
dc.description.abstract | Suatu pengembangan wilayah yang baik tentu didorong oleh sistem
perekonomian yang baik pula. Kemajuan suatu ekonomi daerah dapat ditinjau dari
sistem pergadangan yang sedang berlangsung. Salah satu sarana dan prasarana yang
menunjang suatu kegiatan perdagangan adalah pasar. Sebagai pusat aktivitas
perdagangan, pasar tradisional sendiri memerlukan fasilitas pendukung yang
memadahi. Pasar Bandar merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Kediri.
Berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan dapat diketahui bahwa Pasar Bandar
memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam lingkup
kecamatan. Perannya yang penting tentu dibutuhkan pula pengelolaan yang baik
terhadap Pasar Bandar. Akan tetapi, pada Pasar Bandar masih belum dilakukan
revitalisasi sehingga banyak permasalahan yang ditemukan pada kondisi eksisting.
Oleh karena itu, guna memperbaiki kondisi pelayanan pasar dan meningkatkan
kenyamanan pengguna pasar perlu dilakukan adanya penentuan strategi
peningkatan kualitas pelayanan pada Pasar Bandar. Berdasarkan urgensi tersebut,
maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pelayanan fasilitas
yang terdapat pada Pasar Bandar Kota Kediri, mengidentifikasi kualitas pelayanan
Pasar Bandar yang ditinjau dari tingkat kepuasan pengguna, merumuskan strategi
peningkatan kualitas pelayanan fasilitas pada Pasar Bandar Kota Kediri. Adapun
metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, Customer
Satisfaction Index (CSI), dan analisis triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dengan
menggunakan metode tersebut maka ditemukan adanya fasilitas Pasar Bandar yang
tidak sesuai dengan SNI 8512:2021 tentang Pasar Rakyat, didaptkan pula hasil
perhitungan CSI dengan kriteria cukup puas, serta terdapat penentuan strategi
terhadap indikator pada kuadran I dan II serta indikator yang tidak terdapat pada
Pasar Bandar. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T. dan Ir. Prasetiyo, S.T., M.Eng. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.subject | Pelayanan Fasilitas Pasar | en_US |
dc.title | Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Fasilitas Pasar Bandar Kota Kediri Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir. Prasetiyo, S.T., M.Eng, | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |