Show simple item record

dc.contributor.authorAGATHA, Tafya Saufika
dc.date.accessioned2025-07-03T07:46:57Z
dc.date.available2025-07-03T07:46:57Z
dc.date.issued2025-01-22
dc.identifier.nim211910501034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127057
dc.description.abstractSuatu pengembangan wilayah yang baik tentu didorong oleh sistem perekonomian yang baik pula. Kemajuan suatu ekonomi daerah dapat ditinjau dari sistem pergadangan yang sedang berlangsung. Salah satu sarana dan prasarana yang menunjang suatu kegiatan perdagangan adalah pasar. Sebagai pusat aktivitas perdagangan, pasar tradisional sendiri memerlukan fasilitas pendukung yang memadahi. Pasar Bandar merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Kediri. Berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan dapat diketahui bahwa Pasar Bandar memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam lingkup kecamatan. Perannya yang penting tentu dibutuhkan pula pengelolaan yang baik terhadap Pasar Bandar. Akan tetapi, pada Pasar Bandar masih belum dilakukan revitalisasi sehingga banyak permasalahan yang ditemukan pada kondisi eksisting. Oleh karena itu, guna memperbaiki kondisi pelayanan pasar dan meningkatkan kenyamanan pengguna pasar perlu dilakukan adanya penentuan strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Pasar Bandar. Berdasarkan urgensi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pelayanan fasilitas yang terdapat pada Pasar Bandar Kota Kediri, mengidentifikasi kualitas pelayanan Pasar Bandar yang ditinjau dari tingkat kepuasan pengguna, merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan fasilitas pada Pasar Bandar Kota Kediri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan analisis triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode tersebut maka ditemukan adanya fasilitas Pasar Bandar yang tidak sesuai dengan SNI 8512:2021 tentang Pasar Rakyat, didaptkan pula hasil perhitungan CSI dengan kriteria cukup puas, serta terdapat penentuan strategi terhadap indikator pada kuadran I dan II serta indikator yang tidak terdapat pada Pasar Bandar.en_US
dc.description.sponsorshipIr. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T. dan Ir. Prasetiyo, S.T., M.Eng.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPelayanan Fasilitas Pasaren_US
dc.titleStrategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Fasilitas Pasar Bandar Kota Kediri Berdasarkan Tingkat Kepuasan Penggunaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPERENCANAAN WILAYAH DAN KOTAen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Prasetiyo, S.T., M.Eng,en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record