• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Fasilitas Pasar Bandar Kota Kediri Berdasarkan Tingkat Kepuasan Pengguna

    Thumbnail
    View/Open
    Tafya Saufika Agatha_211910501034_TA.pdf (4.142Mb)
    Date
    2025-01-22
    Author
    AGATHA, Tafya Saufika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Suatu pengembangan wilayah yang baik tentu didorong oleh sistem perekonomian yang baik pula. Kemajuan suatu ekonomi daerah dapat ditinjau dari sistem pergadangan yang sedang berlangsung. Salah satu sarana dan prasarana yang menunjang suatu kegiatan perdagangan adalah pasar. Sebagai pusat aktivitas perdagangan, pasar tradisional sendiri memerlukan fasilitas pendukung yang memadahi. Pasar Bandar merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Kediri. Berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan dapat diketahui bahwa Pasar Bandar memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam lingkup kecamatan. Perannya yang penting tentu dibutuhkan pula pengelolaan yang baik terhadap Pasar Bandar. Akan tetapi, pada Pasar Bandar masih belum dilakukan revitalisasi sehingga banyak permasalahan yang ditemukan pada kondisi eksisting. Oleh karena itu, guna memperbaiki kondisi pelayanan pasar dan meningkatkan kenyamanan pengguna pasar perlu dilakukan adanya penentuan strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Pasar Bandar. Berdasarkan urgensi tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi pelayanan fasilitas yang terdapat pada Pasar Bandar Kota Kediri, mengidentifikasi kualitas pelayanan Pasar Bandar yang ditinjau dari tingkat kepuasan pengguna, merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan fasilitas pada Pasar Bandar Kota Kediri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan analisis triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode tersebut maka ditemukan adanya fasilitas Pasar Bandar yang tidak sesuai dengan SNI 8512:2021 tentang Pasar Rakyat, didaptkan pula hasil perhitungan CSI dengan kriteria cukup puas, serta terdapat penentuan strategi terhadap indikator pada kuadran I dan II serta indikator yang tidak terdapat pada Pasar Bandar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127057
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4346]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository