Tindak Tutur Mendidik dengan Modus Direktif Requirement Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMPN 11 Jember
Abstract
Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi terjadi dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas. Bahasa digunakan oleh guru dan siswa untuk berkomunikasi sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara keduanya. Artinya guru dan siswa memiliki pemahaman bahasa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang terindikasi mengandung tuturan direktif tuturan direktif. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; (2) Bagaimana strategi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; dan (3) Bagaimana perlokusi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua adalah segmen tutur dan konteksnya yang terindikasi mengandung tindak tutur keharusan. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga adalah tanggapan mitra tutur (siswa) berupa tuturan dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember, yaitu (1) requirement memerintah; (2) requirement menghendaki; (3) requirement menuntut; (4) requirement mengarahkan; (5) requirement menginstruksikan; dan (6) requirement menghendaki. Strategi tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Strategi tindak tutur langsung, dan (2) Strategi tindak tutur langsung. Perlokusi tindak tutur requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Perlokusi positif; dan (2) Perlokusi negatif.