• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Tutur Mendidik dengan Modus Direktif Requirement Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMPN 11 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Wardatun Nafisah_200210402123 (1011.Kb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    NAFISAH, Wardatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi terjadi dalam interaksi pembelajaran di dalam kelas. Bahasa digunakan oleh guru dan siswa untuk berkomunikasi sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara keduanya. Artinya guru dan siswa memiliki pemahaman bahasa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji tentang tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang terindikasi mengandung tuturan direktif tuturan direktif. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; (2) Bagaimana strategi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember; dan (3) Bagaimana perlokusi tindak tutur Mendidik dengan menggunakan modus direktif requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua adalah segmen tutur dan konteksnya yang terindikasi mengandung tindak tutur keharusan. Data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ketiga adalah tanggapan mitra tutur (siswa) berupa tuturan dan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember, yaitu (1) requirement memerintah; (2) requirement menghendaki; (3) requirement menuntut; (4) requirement mengarahkan; (5) requirement menginstruksikan; dan (6) requirement menghendaki. Strategi tindak tutur direktif keharusan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Strategi tindak tutur langsung, dan (2) Strategi tindak tutur langsung. Perlokusi tindak tutur requirement guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 11 Jember yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) Perlokusi positif; dan (2) Perlokusi negatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126968
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository