Show simple item record

dc.contributor.authorNINGSIH, Silvi Putri Ayu
dc.date.accessioned2025-07-02T02:07:37Z
dc.date.available2025-07-02T02:07:37Z
dc.date.issued2025-01-20
dc.identifier.nim210210104075en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126962
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan yang mencakup berbagai disiplin ilmu dalam ranah pendidikan saat ini adalah meningkatkan kompetensi siswa dan keterampilan abad ke-21. Upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan abad ke-21 memerlukan suatu keterampilan yang dapat mendukung seluruh aspek abad ke-21, salah satunya ialah Computational Thinking Skill. Computational Thinking Skill merupakan kerangka berpikir guna memecah masalah yang sulit menjadi lebih ringkas dan dapat dipecahkan dengan prinsip komputasi, yang berfokus pada pemikiran algoritmik, dan pemecahan masalah menggunakan coding. Sejalan dengan pembelajaran guna meningkatkan Computational Thinking Skill menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Karena pembelajaran yang terstruktur, penataan proses dan pengayaan pembelajaraan dengan Computational Thinking, pembelajaran inkuiri dalam sains dalam pendidikan memiliki keterkaitan yang cukup erat. Implementasi pembelajaran menggunakan media yakni modul yang dapat digunakan sebagai panduan untuk membimbing siswa melalui aktivitas selama belajar dan proses belajar yakni modul pembelajaran yang terintegrasi dengan pemrograman yakni Google Colaboratory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi google colaboratory untuk meningkatkan computational thinking skill siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total 36 siswa kelas 7 dalam satu kelas. Uji validitas digunakan untuk mengukur kevalidan, kelayakan dan keakuratan produk yang dikembangkan dengan capaian pembelajaran, uji validitas menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator ahli. Uji kepraktisan digunakan untuk mengukur kepraktisan pembelajaran dalam kelas guna meningkatkan Computational Thinking Skill sebagai capain pembelajaran, uji kepraktisan menggunakan lembar oberservasi yang diisi oleh 3 observer tiap pertemuan selama 4 kali pertemuan berlangsung. Uji keefektifan digunakan untuk mengukur efektif tidaknya produk dalam meningkatkan Computational Thinking Skill, uji keefektifan diukur dengan dua teknik yakni dengan N-gain dan angket respon siswa. Hasil uji validitas Modul berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan Computational Thinking Skill siswa SMP diperoleh nilai 89,5% dengan kategori sangat valid sehingga Modul berbasis Inkuiri Terbimbing dapat digunakan pada pembelajaran IPA di SMP untuk meningkatkan Computational thinking skill. Uji kepraktisan Modul berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan Computational Thinking Skill siswa SMP memperoleh nilai 97% dengan kategori sangat baik, sehingga Modul berbasis Inkuiri Terbimbing dapat digunakan pada pembelajaran IPA di SMP untuk meningkatkan Computational Thinking Skill. Serta, uji Keefektifan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing, analisis keefektifan berdasarkan hasil perhitungan prestest dan posttest diperoleh nilai N-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang dan rata – rata respon siswa sebesar 83,38% dengan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni produk yang dikembangkan dan diimplementasikan pada materi Gerak dan Gaya pada siswa telah memperoleh hasil yang valid, praktis dan efektif. Dengan demikian Modul berbasis Inkuiri Terbimbing dapat digunakan dalam skala yang lebih besar sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan Computational Thinking Skill.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E DPA: Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.Een_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectComputational Thinking Skillen_US
dc.subjectADDIE (analyze,design,develop,implement,evaluate).en_US
dc.subjectgoogle colaboratoryen_US
dc.titlePengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Google Colaboratory untuk Meningkatkan Computational Thinking Skill Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record