Alasan Ekspansi Gojek ke Vietnam
Abstract
Gojek memperluas jangkauannya ke beberapa negara di Asia Tenggara pada tahun 2018. Salah satunya adalah Vietnam. Penulis menilai ekspansi ini unik karena bertentangan dengan teori Uppsala, di mana Vietnam bukan negara yang dekat dengan Indonesia secara kultural dan bahasa, sekaligus menjadi negara pertama Gojek untuk berekspansi ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan Gojek memilih Vietnam sebagai lokasi ekspansi bisnis pertamanya di luar negeri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan analisis kualitatif dan mengandalkan studi pustaka untuk pengumpulan data. Penelitian ini menerapkan konsep Foreign Direct Investment (FDI) untuk mengidentifikasi tiga faktor utama yang mempengaruhi ekspansi awal Gojek ke Vietnam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga faktor utama yang mendorong ekspansi pertama Gojek ke Vietnam adalah pertumbuhan pasar di Vietnam, tingkat keterbukaan negara tersebut, dan adanya kebijakan pemerintah yang mendukung investasi asing, terutama di sektor ride-hailing.