Strategi Manajemen Peningkatan Produktivitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di TK Negeri Pembina Kaliwates Jember
Abstract
TK Negeri Pembina Kaliwates Jember saat ini sedang dipimpin oleh Koordinator Sekolah dikarenakan Kepala Sekolah yang sebelumnya sakit kemudian meninggal dunia. Keberadaan Koordinator Sekolah ditunjuk secara langsung oleh Kepala Sekolah sebelum kepergiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen yang digunakan oleh Koordinator Sekolah
dalam upaya peningkatan produktivitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri Pembina Kaliwates Jember dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam strategi manajemen yang digunakan oleh Koordinator Sekolah dalam upaya meningkatkan produktivitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di TK Negeri Pembina Kaliwates Jember. Keenam strategi tersebut mencakup komunikasi efektif, peningkatan motivasi dan kesejahteraan, supervisi, pengembangan profesionalitas melalui pelatihan, evaluasi, dan penilaian kinerja. Enam strategi manajemen tersebut berhasil dalam meningkatkan kinerja staf dan juga menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Koordinator Sekolah memainkan peran kunci dalam memilih dan mengimplementasikan strategi tersebut dengan fleksibilitas
dan kemampuan adaptasi yang tinggi, serta didukung oleh kolaborasi dan komunikasi yang baik dengan seluruh staf. Koordinator Sekolah juga dikatakan berhasil dalam perannya menggantikan kepala sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen yang diterapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan