• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-LKPD berbasis Diagram Scaffolding dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Scientific explanation Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ellysa Octaviani.pdf (3.002Mb)
    Date
    2023-07-06
    Author
    OCTAVIANI, Ellysa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi hal yang penting bagi kemajuan suatu bangsa pada abad 21. Keterampilan dalam suatu pembelajaran dalam abad 21 ini sangat dibutuhkan yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir sangat penting karena ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki perkembangan yang pesat, dapat secara cepat dan mudah dalam mendapatkan informasi sehingga siswa perlu dibekali kemampuan berpikir tinggi. Salah satu keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi yaitu penjelasan ilmiah (scientific explanation). Scientific explanation merupakan kemampuan menjelaskan ilmiah yang berdasarkan dengan adanya bukti yang telah ada melalui tanggapan tertulis maupun lisan terhadap suatu pertanyaan dimana mengharuskan siswa untuk dapat menganalisis data dan menafsirkan data yang berkenaan dengan pengetahuan ilmiah. Langkah dalam pembelajaran yang digunakan dalam penjelasan ilmiah ini mencakup tiga komponen yakni, klaim, bukti, dan penalaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan IPA. Fakta yang ada yaitu kemampuan scientific explanation siswa di Indonesia untuk saat ini terbilang masih belum sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi alternatif yang dapat digunakan yaitu melalui pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD). E-LKPD dapat berguna untuk siswa dalam melaksanakan proses penyelidikan serta penyelesaian suatu permasalahan. Salah satu pengembangan dari E-LKPD yaitu E-LKPD yang disertai dengan diagram scaffolding untuk meningkatkan scientific explanation skills siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar IPA yaitu E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan produk menggunakan model pengembangan Plomp and Nieveen yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap penelitian awal (preliminary research), tahap pengembangan (prototyping stage), dan tahap evaluasi (assessment stage). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dengan menggunakan lembar validasi, analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta analisis keefektifan menggunakan skor n-gain dari soal pretest dan posttest dan angket respon siswa setelah menggunakan E-LKPD. Uji coba dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Singojuruh yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis diagram scaffolding mendapatkan hasil validasi E-LKPD sebesar 91,3% dengan kategori sangat valid. Pengamatan observer berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis diagram scaffolding yaitu sebesar 90,59% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh nilai n-gain sebesar 0,68 dengan kategori peningkatan sedang. Angket respon siswa yang diperoleh dari respon 23 siswa kelas VIII B terhadap pembelajaran menggunakan E-LKPD yaitu sebesar 87,95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat kita disimpulkan bahwa pada produk pengembangan E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP dapat dinyatakan telah valid, praktis, dan efektif dan layak sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126829
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository