Show simple item record

dc.contributor.authorPRATAMA, Vara Putri
dc.date.accessioned2025-06-29T22:22:02Z
dc.date.available2025-06-29T22:22:02Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.nim190210201068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126827
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractSejak awal pandemi, pemerintah mengambil langkah sigap memindahkan kegiatan belajar mengajar ke platform daring, baik di sekolah formal maupun nonformal. Kebijakan ini membuat peserta didik terhubung dengan internet lebih lama dari sebelumnya. Namun, untuk beradaptasi dengan situasi serba digital ini, program kesetaraan membutuhkan upaya ekstra, seperti pengembangan aplikasi dan media pembelajaran digital yang mumpuni. Hal ini dibuktikan oleh lembaga SKB Kota Kediri, yang telah mengadopsi berbagai media digital secara menyeluruh dalam sistem pembelajaran, terutama pada program pendidikan kesetaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana pembelajaran program pendidikan kesetaraan berbasis digital di SKB Kota Kediri?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pembelajaran program pendidikan kesetaraan berbasis digital di SKB Kota Kediri. Serta manfaat penelitian ini adalah memberikan sumbangsih pemikiran dalam perkembangan teknologi sebagai peranan dalam proses pembelajaran warga belajar secara lebih lanjut. Sehingga untuk kedepannya semakin banyak warga belajar yang membiasakan diri dengan baik untuk menggunakan platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan melalui metode Purposive area, dan pemilihan informan menggunakan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketelitian, serta triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tutor menggunakan perencanaan pembelajaran dengan partisipatif karena tutor melakukan diskusi bersama warga belajar dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, menyiapkan bahan ajar, media digital seperti smartphone dan laptop, serta pembuatan RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran tutor menggunakan berbagai pendekatan seperti active recall, saintifik, dan game method dengan memanfaatkan aplikasi setara daring dan whatsapp. Selain itu, untuk penilaian pembelajaran tutor menggunakan platform digital kahoot, quizizz, dan googleform untuk mengetahui tercapai tidaknya target pemahaman warga belajar dan memasukkan asesmen seperti formatif dan sumatif untuk mengefektifkan evaluasi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran berbasis digital pada program kesetaraan di SKB Kota Kediri menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajarannya sesuai dengan tujuan tutor yakni mnggunakan pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan media digital. Saran bagi pihak pengelola SKB Kota Kediri hendaknya terus membuat kebijakan pembelajaran yang berbasis digital dan memotivasi tutor agar lebih berinovasi terkait berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi digital. Bagi tutor program kesetaraan di SKB Kota Kediri, harus lebih konsisten dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital pada programkesetaraan. Tutor juga diharapkan lebih memahami pemanfaatan teknologi digital sebagai penunjang pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Program Kesetaraanen_US
dc.subjectSKB Kota Kedirien_US
dc.titlePembelajaran Program Kesetaraan Berbasis Digital di SKB Kota Kedirien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. A.T. Hendrawijaya, S.H., M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juni 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record