Dinamika Gaya Kepemimpinan Studi Kasus di Sekolah Musik Musikami
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dinamika kepemimpinan di Sekolah Musik Musikami di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini berfokus pada bagaimana para pemimpin sekolah mengimplementasikan dan mengintegrasikan berbagai gaya kepemimpinan untuk mengelola institusi secara efektif. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para pemimpin sekolah, staf pengajar, dan siswa, serta melalui observasi dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa para pemimpin di Musikami berhasil memadukan elemen-elemen kepemimpinan transformasional, termasuk motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual, yang memiliki dampak langsung pada motivasi dan kinerja staf. Selain itu, adaptabilitas dan fleksibilitas kepemimpinan dalam menerapkan berbagai gaya sangat penting dalam menghadapi tantangan eksternal seperti perubahan kurikulum dan kemajuan teknologi. Praktik kepemimpinan adaptif ini berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung inovasi dan pengembangan sumber daya manusia, yang sangat penting bagi kesuksesan keseluruhan institusi.