Dinamika Gaya Kepemimpinan Studi Kasus di Sekolah Musik Musikami
Abstract
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  dan  menganalisis  dinamika kepemimpinan  di Sekolah Musik Musikami  di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini berfokus  pada  bagaimana  para  pemimpin  sekolah  mengimplementasikan  dan mengintegrasikan  berbagai  gaya  kepemimpinan  untuk  mengelola  institusi  secara efektif. Dengan  menggunakan  pendekatan  studi kasus  kualitatif,  data dikumpulkan melalui  wawancara  mendalam  dengan  para  pemimpin  sekolah,  staf  pengajar,  dan siswa,  serta  melalui  observasi  dan analisis  dokumen.  Temuan  menunjukkan  bahwa para  pemimpin  di  Musikami  berhasil  memadukan  elemen-elemen  kepemimpinan transformasional, termasuk motivasi inspirasional,  stimulasi intelektual, dan perhatian individual, yang memiliki  dampak langsung pada motivasi dan kinerja staf. Selain itu, adaptabilitas dan fleksibilitas kepemimpinan  dalam menerapkan  berbagai gaya sangat penting  dalam  menghadapi  tantangan  eksternal  seperti  perubahan  kurikulum  dan kemajuan teknologi. Praktik kepemimpinan  adaptif ini berkontribusi  signifikan dalam menciptakan  lingkungan  kerja  yang mendukung inovasi  dan pengembangan  sumber daya manusia, yang sangat penting bagi kesuksesan keseluruhan  institusi.
