Show simple item record

dc.contributor.authorSHOFIYAH, Binti
dc.date.accessioned2025-06-26T07:13:08Z
dc.date.available2025-06-26T07:13:08Z
dc.date.issued2024-09-03
dc.identifier.nim200910201011en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126803
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractInovasi pelayanan publik merupakan hasil dari tuntutan kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang efektif dan efisien. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri dengan meluncurkan aplikasi pelayan berbasis android yaitu Sahaja Online. Inovasi ini merupakan komitmen serta sebuah jawaban untuk menjawab permasalahan yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi oleh Everett M.Rogers yaitu relative advantages, compability, complexity, trainability, dan observability. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan penentuan pemilihan informan melalui kriteria oleh Sugiyono. Teknik analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana melalui kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi Sahaja Online berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Lima atribut inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers terdapat juga di dalam inovasi Sahaja Online. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya keuntungan yang banyak dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kediri berupa efisiensi biaya dan tenaga, efektifitas waktu serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Namun pada inovasi ini masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya sosialisasi, masyarakat kurang melek internet dan permasalahan pada aplikasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectInovasien_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectAplikasi Sahaja Onlineen_US
dc.titleInovasi Metode Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Aplikasi Sahaja Online di Kabupaten Kedirien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.P.A.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record