dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pendidikan, dan pertumbuhan
ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten Situbondo. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang berkaitan dengan pengaruh
pendidikan dan pertumbuhan ekonomi didapat dari BPS Kabupaten Situbondo
dan instansi terkait lainnya. Adapun periode waktu yang digunakan terdiri dari
data time series mulai kuartal pertama tahun 2004 sampai dengan kuartal keempat
tahun 2011.
Metode analisis data yang digunakan adalah estimasi model regresi dengan
menggunakan teknik analis OLS (ordinary least square). Uji asumsi klasik yang
terdiri dari uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi dan uji
normalitas untuk pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di
Kabupaten Situbondo digunakan analisis regresi linier berganda, uji F, Uji t, dan
uji determinasi.
Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dan
pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap Kemiskinan di Kabupaten
Situbondo.
Beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah berhubung masih banyaknya
rumah tangga yang belum memaksimalkan penggunaan fasilitas-fasilitas publik,
untuk itu instansi terkait beserta jajarannya agar : 1). Dapat memberikan motivasi
dan pengertian kepada masyarakat mengenai pemanfaatan kelembagaan yang ada;
2). Menyederhanakan sistem birokrasi dan proses administrasi yang telah ada,
agar masyarakat mampu mengakses kelembagaan yang ada sesuai dengan
keberadaan dan kebutuhan masyarakat; 3). Perlu dipertimbangkan penetapan
lokasi kelembagaan agar mudah dicapai oleh masyarakat dari berbagai penjuru
desa.
Kata kunci : Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi dan Kemiskinan
Factors Which Influence Poverty
In Situbondo Regency
Nurul Hikmah
Economic Science Studies Program, Faculty of Economics, University of Jember
ABSTRACT
This study aimed to explore the effect of the education and economic growth on
poverty in Situbondo. The data used in this study is secondary data. The data
relating to the effect of the education and economic growth unemployment
obtained from BPS Situbondo and other relevant agencies. The time period used
consists of time series data from the first quarter of 2004 until the fourth quarter
of 2011.
The method of data analysis used a regression model was estimated using OLS
analysts techniques (ordinary least square). Classical assumption test which
consists of test multicollinearity, heterocedastisity test, autocorrelation test and the
test for normality for education and economic growth on poverty in Situbondo
used multiple linear regression analysis, F test, t test, and a test of determination.
Based on the analysis of the results showed that the education, economic growth
is a significant influence on Poverty in Situbondo.
Some suggestions are put forward to since there are still many households that do
not maximize the use of public facilities, for that relevant agencies and their staffs
in order to: 1). Can provide the motivation and understanding to the public
regarding the use of existing institutional, 2). Simplifying bureaucracy and
administrative processes that already exist, so that people are able to access
institutional according to the presence and needs of the community, 3). To
consider the establishment of institutional location to be easily reached by people
from different parts of the village.
Keywords: Education, Economic Growth and Poverty | en_US |