Show simple item record

dc.contributor.authorNAQIE, Syaif Ali
dc.date.accessioned2025-06-19T03:33:49Z
dc.date.available2025-06-19T03:33:49Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.nim201910301080en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126649
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik tgl 19 Juni 2025en_US
dc.description.abstractPemerintah di dalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas masih jauh dari yang diharapkan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai IKM menggunakan metode pengukuran skala Likert, variabel yang mendapatkan keterangan kurang baik dan tidak baik, dan rekomendasi serta saran menggunakan metode brainstorming untuk meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan PBG melalui aplikasi SIMBG di Kabupaten Jember. Dari hasil analisis pada kuesioner Permenpan No 14 Tahun 2017 didapatkan nilai IKM yaitu 83,12 (Baik) dan tidak ada variabel yang mendapatkan kategori kurang baik dan tidak baik, sedangkan pada kuesioner E- Govqual didapatkan nilai 79,04 (Baik) dan terdapat 2 variabel yang mendapatkan keterangan kurang baik yaitu pada U4 (atribut kecepatan transaksi) dan U5 (atribut akses internet terjangkau bagi masyarakat umum). Rekomendasi dan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan meningkatkan kualitas infrastruktur teknologi, terutama yang berkaitan dengan server dan jaringan; meningkatkan kualitas petugas pelayanan terutama yang mengelola peningkatan inovasi server dan jaringan melalui berbagai pelatihan; dan melakukan sosialisasi kepada jasa konstruksi atau developer perumahan terkait pentingnya pengajuan PBG melalui aplikasi SIMBG.en_US
dc.description.sponsorshipIr. Syamsul Arifin, S.T., M.T. Ir. Sri Sukmawati, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectPELAYANAN PUBLIKen_US
dc.titleIndeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Teknik Sipilen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Syamsul Arifin, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Sri Sukmawati, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Maret 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record