• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.435Mb)
    Date
    2024-07-26
    Author
    NAQIE, Syaif Ali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah di dalam menyelenggarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas masih jauh dari yang diharapkan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai IKM menggunakan metode pengukuran skala Likert, variabel yang mendapatkan keterangan kurang baik dan tidak baik, dan rekomendasi serta saran menggunakan metode brainstorming untuk meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan PBG melalui aplikasi SIMBG di Kabupaten Jember. Dari hasil analisis pada kuesioner Permenpan No 14 Tahun 2017 didapatkan nilai IKM yaitu 83,12 (Baik) dan tidak ada variabel yang mendapatkan kategori kurang baik dan tidak baik, sedangkan pada kuesioner E- Govqual didapatkan nilai 79,04 (Baik) dan terdapat 2 variabel yang mendapatkan keterangan kurang baik yaitu pada U4 (atribut kecepatan transaksi) dan U5 (atribut akses internet terjangkau bagi masyarakat umum). Rekomendasi dan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan meningkatkan kualitas infrastruktur teknologi, terutama yang berkaitan dengan server dan jaringan; meningkatkan kualitas petugas pelayanan terutama yang mengelola peningkatan inovasi server dan jaringan melalui berbagai pelatihan; dan melakukan sosialisasi kepada jasa konstruksi atau developer perumahan terkait pentingnya pengajuan PBG melalui aplikasi SIMBG.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126649
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4244]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository