• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Tutur Asertif Narasumber Grebek Gadget di Pricebook dan Pemanfaatannya sebagai Materi Pembelajaran Teks Persuasi Di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_FAISAL MAKARIM_180210402123_PDF.pdf (976.4Kb)
    Date
    2023-03-21
    Author
    MAKARIM, Faisal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program Grebek Gadget merupakan salah satu konten acara di saluran YouTube Pricebook yang membahas seputar dunia teknologi komunikasi. Konsep pada acara ini berupa kegiatan wawancara terhadap narasumber yang dibawakan oleh seorang pembawa acara (Host). Informasi dari tuturan yang disampaikan oleh narasumber kepada pembawa acara dalam program Grebek Gadget di Pricebook merupakan salah satu fenomena tindak tutur yang sering ditemui pada peristiwa tutur informal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur asertif, modus, dan pemanfaatan tindak tutur asertif narasumber Grebek Gadget di Pricebook sebagai materi pembelajaran teks persuasi di SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Data penelitian berupa segmen tutur beserta konteksnya berwujud kata, frasa, klausa, kalimat yang mengindikasikan wujud tindak tutur asertif dan modus pada tuturan narasumber Grebek Gadget di Pricebook dan KI serta KD silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan ditemukan wujud tindak tutur asertif pada tuturan informasi yang disampaikan oleh narasumber kepada pembawa acara sebanyak enam macam yaitu, menyatakan, memberitahukan, mengeluh, menunjukkan, menyarankan, membanggakan dengan beragam modus yang meliputinya diantaranya, modus indikatif, modus optatif, modus imperatif, modus obligatif, dan modus kondisional. Relevansi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran teks persuasi yang diarahkan pada kemampuan peserta didik dalam merumuskan langkah-langkah penyusunan kesimpulan dan menyimpulkan cara menyajikan infomasi isi teks persuasi yang didengar dan dibaca. Pemanfaatan penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk pembelajaran teks persuasi pada jenjang SMP kelas VIII semester 2 dalam bentuk Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126644
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository