Kesalahan Kalimat dalam Teks Editorial Siswa Kelas XII SMAN 2 Jember
Abstract
Pembelajaran berbasis teks yang terdapat dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka menekankan pada siswa untuk memiliki kesadaran pemahaman mengenai materi pelajaran yang dibahas secara tertulis maupun lisan. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan jenis-jenis kesalahan dan letak dominan kesalahan yang terdapat dalam teks editorial siswa kelas XII SMAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang terindikasi memuat kesalahan dalam karangan teks editorial yang ditulis oleh siswa kelas XII SMAN 2 Jember. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks editorial yang ditulis siswa kelas XII IPA 1 SMAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yang dilakukan dengan pemberian tugas membuat karangan teks editorial pada siswa kelas XII SMAN 2 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesalahan kalimat yang terdapat dalam teks editorial siswa kelas XII SMAN 2 Jember yaitu kalimat tidak gramatikal, kalimat tidak cermat, kalimat tidak hemat, dan kalimat interferensi