Kemampuan Penggunaan Huruf Kapital dan Pilihan Kata dalam Menulis Karangan Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas V SDN Beji 01 Bangil Kabupaten Pasuruan
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang sekolah dasar (SD) memiliki peran
dan kedudukan penting untuk perkembangan kemampuan peserta didik dalam
berkomunikasi secara lisan maupun tulis. Secara garis besar penggunaan huruf kapital
disesuaikan dalam suatu kata. Pilihan kata merupakan proses ataupun tindakan
memilih kata yang secara tepat atau menggunakan ungkapan dengan gagasan, pikiran,
ide, dan perasaan. Ketepatan dalam pemilihan kata yang berhubungan pada
kemampuan seseorang dalam memilih kata yang dapat mengungkapkan pendapat
secara tepat agar diterima oleh pembaca atau pendengarnya. Teks eksplanasi dapat
menjadikan salah satu teks yang diajarkan di dalam dunia pendidikan serta
pengetahuan yang diberikan lebih kepada peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan
yaitu mengetahui penggunaan huruf kapital dan pilihan kata dalam nenulis karangan
teks eksplanasi pada peserta didik kelas V SDN 01 Bangil Kabuten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif. Metode dokum entasi dan
wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini bahwa
Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka rata-rata kemampuan menulis karangan
teks eksplanasi kelas V SDN Beji 01 Bangil Kabupaten Pasuruan adalah “cukup”
dengan nilai angka “55 ≤ x ≤ 65”.