Pengaruh Model Student Team Achievement Divisione Berbantuan Media Pear Deck terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA
Abstract
Model pembelajaran konvensional masih belum maksimal dalam
mempengaruhi kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan
solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Student Team
Achievement Divisions Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Kemampuan
Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa
kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2023/2024 yang terbagi menjadi 10
kelas dan diambil dua kelas sebagai sebagai sampel penelitian. Metode penelitian
yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan dirancang dengan
posttest only kontrol group design. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t pada
kemampuan kolaborasi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan dari
hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 yang artinya dibawah
0,05. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan
penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantuan
Media Pear Deck Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa
SMA/MA