dc.description.abstract | Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Se-kecamatan Kota Bondowoso yang
terdiri dari tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bondowoso, SMA Negeri 2 Bondowoso,
dan SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
eksploratif, dengan menggunakan metode survei dan untuk penggalian data
menggunakan diantaranya, angket, wawancara serta dokumentasi. Data myang
diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
yang berupa rerata (mean), persentase dan frekuensi.
Data hasil dari angket menunjukkan bahwa responden guru sebanyak 8 orang
mengalami permasalahan dalam meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran
biologi di SMA terkait kompetensi profesional adalah kesulitan dalam
menerjemahkan buku buku (37,5%) responden tidak pernah melakukannya, kesulitan
menulis buku pelajaran (50%) responden tidak pernah menulis buku pelajaran, dan
kesulitan menciptakan karya seni (62,5%) responden tidak pernah membuat karya
seni, kesulitan memahami visi dan misi (50%) responden jarang memahami visi dan
misi, dan kemampuan membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan
dan luar sekolah (62,5%) responden jarang mampu membangun sistem yang
menunjukkan keterkaitan pendidikan dan luar sekolah, kesulitan dalam memahami
struktur pengetahuan (37,5%) responden jarang memahami struktur pengetahuan,
menguasai substansi materi (37,5%) responden jarang menguasai substansi materi,
dan menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan
siswa (87,5%) responden jarang menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis
pelayanan yang dibutuhkan siswa.
Upaya yang dilakukan oleh guru sendiri, kepala sekolah dan dinas pendidikan
untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan
kompetensi profesional pembelajaran biologi di SMA adalah melalui MGMP,
pendidikan diklat, program induksi, bimbingan secara personal, penyediaan sarana
dan prasarana di sekolah yang dapat menunjang kegiatan guru dalam melaksanakan
pembelajaran serta adanya apresiasi bagi guru yang berprestasi oleh sekolah dan
dinas pendidikan. | en_US |