Manajemen Ekstrakurikuler Silat sebagai Kegiatan Pengenalan Kesenian Budaya Tradisional di TK ARNI Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum pendidikan Indonesia yang digunakan saat ini yaitu Kurikulum Merdeka. Dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka terdapat pengenalan Kearifan lokal. Salah satu cara mengenalkan kearifan lokal dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pembelajaran. Pada TK ARNI jember pengenalan kearifan lokal melalui kegiatan P5 dan ekstrakurikuler silat. Untuk merespon hal ini maka peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui manajemen ekstrakurikuler silat sebagai kegiatan pengenalan kesenian budaya. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui perencaan ekstrakurikuler silat, (2) Mengetahui pengorganisasian ekstrakurikuler silat, (3) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler silat, (4) Mengetahui evaluasi ekstrakurikuler silat. Penelitian ini dilakukan pada ekstrakurikuler silat dengan siswa kelas A dan B yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler silat tersebut. Hasil dari penlitian memperoleh perencanaan kegiatan ekstrakurikuler silat di TK ARNI Jember membahas mengenai tujuan pelaksanaan, jadwal kegiatan, materi kegiatan. dengan satu guru untuk menjadi penanggung jawab serta pemilihan pelatih. Pelaksanaan ekstrakurikuler silat dilakukan setiap hari sabtu. Serta evaluasi yang belum cukup baik dengan dilakukan secara kondisional, langsung dan tidak tertulis pada saat selesai kegiatan. Evaluasi yang dilakukaan saat ini hanya melalui laporan dan tanya jawab antar kepala sekolah, guru koordinator ekstrakurikuler, dan pelatih.