Show simple item record

dc.contributor.authorZULKIFLI, ARIF
dc.date.accessioned2025-05-08T07:30:37Z
dc.date.available2025-05-08T07:30:37Z
dc.date.issued2025-04-17
dc.date.submitted
dc.identifier.nim220220204035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126307
dc.description.abstractKemampuan utama dalam pendidikan modern adalah keterampilan 4C yang terdiri dari berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat diperlukan oleh generasi sekarang. Akan tetapi hasil penilaian siswa internasional (PISA) tahun 2022 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia di peringkat bawah dan menurut survey nasional oleh BPS tahun 2024 literasi digital siswa pada pembelajaran masih sangat kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi pembelajaran PjBL berdiferensiasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental dengan menggunakan desain “Pre-test Post-test Control Design” di SD Negeri Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas 4A yang mengimplementasikan pembelajaran PjBL berdiferensiasi dengan proyek merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva, dan sebagai kelas kontrol adalah kelas 4B dengan materi yang sama namun menggunakan pembelajaran konvensional seperti biasanya. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan melalui pre-test dan post-test meliputi indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sedangkan pengukuran literasi digital siswa melaui observasi awal dan akhir yang meliputi indikator literasi digital yaitu searching on the internet, hypertextual navigation, content evaluation, dan knowledge assembly. Metode analisis menggunakan Kruskal Wallis karena untuk data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Hasil analisis membuktikan bahwa rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada semua indikator variabel kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dengan perbedaan secara signifikan (p < 0,05). Kesimpulanmya, pembelajaran PjBL berdiferensiasi berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dalam merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva pada siswa sekolah dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPembelajaran berdiferensiasi dengan model PJBL melalui aplikasi canva, berpikir kreatiff siswa, literasi digital siswaen_US
dc.subjectPembelajaran PJBLen_US
dc.subjectcanvaen_US
dc.subjectberpikir kreatiff siswaen_US
dc.subjectliterasi digitalen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Project Based Learning Dalam Merancang Pembangkit Tenaga Listrik Melalui Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasaren_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarti, M. Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Trapsilo Prihandono, M.Si. MCEen_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record