• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Project Based Learning Dalam Merancang Pembangkit Tenaga Listrik Melalui Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    tesis fix.pdf (1.446Mb)
    Date
    2025-04-17
    Author
    ZULKIFLI, ARIF
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan utama dalam pendidikan modern adalah keterampilan 4C yang terdiri dari berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat diperlukan oleh generasi sekarang. Akan tetapi hasil penilaian siswa internasional (PISA) tahun 2022 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia di peringkat bawah dan menurut survey nasional oleh BPS tahun 2024 literasi digital siswa pada pembelajaran masih sangat kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi pembelajaran PjBL berdiferensiasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental dengan menggunakan desain “Pre-test Post-test Control Design” di SD Negeri Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas 4A yang mengimplementasikan pembelajaran PjBL berdiferensiasi dengan proyek merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva, dan sebagai kelas kontrol adalah kelas 4B dengan materi yang sama namun menggunakan pembelajaran konvensional seperti biasanya. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan melalui pre-test dan post-test meliputi indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sedangkan pengukuran literasi digital siswa melaui observasi awal dan akhir yang meliputi indikator literasi digital yaitu searching on the internet, hypertextual navigation, content evaluation, dan knowledge assembly. Metode analisis menggunakan Kruskal Wallis karena untuk data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Hasil analisis membuktikan bahwa rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada semua indikator variabel kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dengan perbedaan secara signifikan (p < 0,05). Kesimpulanmya, pembelajaran PjBL berdiferensiasi berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dalam merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva pada siswa sekolah dasar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126307
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository