Wacana Direktif dalam Video Iklan pada Channel YouTube Agung Hapsah
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang wacana direktif dalam video iklan pada Channel YouTube Agung Hapsah. Agung Hapsah merupakan seorang content creator yang menayangkan video tutorial, film pendek, video keseharian, dan video iklan. Video iklan yang ditayangkan, terdapat produk iklan seperti barang elektronik, aplikasi, minuman. Video iklan yang disampaikan terdapat wacana direktif. Wacana direktif merupakan rangkaian ujaran atau kalimat yang disampaikan penutur atau penulis untuk mengarahkan pendengar atau pembaca agar melakukan sesuatu. Wacana direktif dapat dipahami dengan cara mengetahui konteks dan fungsi wacana direktif yang disampaikan Agung Hapsah untuk menentukan kesejatian suatu wacana berkategori direktif. Agar ditemukan konteks, jenis, dan fungsi wacana direktif secara menyeluruh dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis wacana dengan teori Tripp. Adapun hasil dari penelitian ini berkenaan dengan deskripsi mengenai jenis wacana direktif, konteks wacana direktif, dan fungsi wacana direktif yang disampaikan Agung Hapsah dalam mengiklankan produk. Wacana direktif tersebut dipengaruhi konteks untuk memudahkan dalam menyampaikan iklan yang didalamnya berisi konten.