Pengembangan Modul Booklet Berbasis Etnomatematika pada Batik Motif Simpang Lima Gumul Kediri terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang di Kelas III SDN Sukorame 2 Kediri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Proses Pengembangan Modul Booklet Berbasis Etnomatematika Pada Batik Motif Simpang Lima Gumul Kediri dan untuk mengetahui keefektifan modul booklet berbasis etnomatematika untuk siswa Kelas 3 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model Bord and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, tetapi penelitian ini hanya sampai tahap ke-8 yaitu uji coba keefektifan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Sukorame 2 Kediri. Data pada penelitian ini menggunakan validasi produk, Independen Sampel T-test, Keefektifan Relatif dan Uji respon siswa. Hasil validasi produk memperoleh skor 91 masuk kategori sangat valid, Independent Sampel t-test memperoleh skor 6,750 dan Tingkat keefektifan relative memperoleh skor 71% dengan tingkat keefektifan tinggi. Uji respon siswa memperoleh skor 82% masuk kategori sangat efektif. Modul booklet berbasis etnomatematika pada batik simpang lima gumul Kediri masuk kategori sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika kelas 3 di sekolah dasar.