Show simple item record

dc.contributor.authorSigit Kusuma Jati
dc.date.accessioned2013-12-24T07:49:37Z
dc.date.available2013-12-24T07:49:37Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM110820101014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12601
dc.description.abstractPengertian keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem di mana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cidera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peningkatan mutu layanan dan fasilitas fisik terhadap budaya dan insiden keselamatan pasien. Penelitian ini menganalisis pengaruh langsung peningkatan mutu layanan terhadap insiden keselamatan pasien, pengaruh langsung peningkatan fasilitas fisik terhadap insiden keselamatan pasien dan pengaruh langsung budaya keselamatan pasien terhadap insiden keselamatan pasien di RS Paru Jember. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh tidak langsung peningkatan mutu layanan terhadap insiden keselamatan pasien melalui budaya keselamatan pasien dan pengaruh tidak langsung peningkatan fasilitas fisik terhadap insiden keselamatan pasien melalui budaya keselamatan pasien di RS Paru Jember. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh rumah sakit, khususnya manajemen RS Paru Jember, dalam mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien di rumah sakit. Tempat dan daerah sasaran penelitian di RS Paru Jember, jangka waktu penelitian selama empat bulan, dimulai pada bulan Februari dan selesai pada bulan Mei 2013. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan RS Paru Jember periode tahun 2013 sebanyak 232 orang dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Syarat yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah karyawan RS Paru Jember periode tahun 2013 yang dalam melaksanakan kegiatan pelayanan berhubungan langsung/kontak dengan pasien, sebanyak 184 orang, terdiri dari mereka yang bertugas di unit kerja/instalasi/bagian: Medis, Rawat Darurat, Rawat Jalan, Rawat Inap, Radiologi, Laboratorium, Gizi, Farmasi, Rekam Medis, Kebersihan, Promosi Kesehatan, Sanitarian, Keamanan dan Teknisi Alat Kesehatan. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala Likert dan analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis jalur (path analysis) menggunakan bantuan komputer dengan penghitungan SPSS (Statistical Product for Service Solutions) versi 13.0. Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan mutu layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap insiden keselamatan pasien akan tetapi peningkatan fasilitas fisik tidak berpengaruh secara langsung terhadap insiden keselamatan pasien, sedangkan budaya keselamatan pasien secara langsung berpengaruh signifikan terhadap insiden keselamatan pasien. Peningkatan mutu layanan dan fasilitas fisik secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap insiden keselamatan pasien melalui budaya keselamatan pasien. Temuan ini mengimplikasikan bahwa peningkatan mutu layanan dan fasilitas fisik dapat berdampak mencegah insiden keselamatan pasien melalui budaya keselamatan pasien di RS Paru jember. vi vii SUMMARY The Influence of Improvement of Service Quality and Physical Facilities on Culture and Incidents Patient Safety in Jember Chest Hospital; Sigit Kusuma Jati, 110820101014; 2013: 92 pages; Magister Management, Jember University. Understanding of hospital patient safety is a system where hospitals make patient care safer, including risk assessment, identification and management of issues related to patient risk, reporting and analysis of incidents, the ability to learn from the incident and follow-up and implementation of solutions to minimize the risk and prevent injury caused by errors due to perform an action or not take action that should be taken. This study aimed to analyze the effect of improving the quality of services and physical facilities for the culture and patient safety incidents. This study analyzed the effect of improving the quality of services directly to the patient safety incidents, the direct influence of the physical facilities improvement and patient safety incidents directly impact patient safety culture on patient safety incidents in Jember Chest Hospital. This study analyzes the indirect effect of improved services to the patient safety incidents and patient safety culture through the indirect influence of the physical facilities improvement of patient safety incidents through the patient safety culture in Jember Chest Hospital. Results are expected to be used by hospitals, particularly management Jember Chest Hospital, in preventing the occurrence of patient safety incidents in hospital. Place and the target area of research in Jember Chest Hospital, during the study period of four months, beginning in February and completed in May 2013. Population of this study were employees of Jember Chest Hospital period in 2013 as many as 232 people with the determination of the sample using purposive sampling method. Requirement that the sample in this study were employees of Jember Chest Hospital in the period of 2013 which implement service activities related directly/contact with patients, as many as 184 people, consisting of those who served in the unit/installation/section: Medical, Emergency, Outpatient, Inpatient, Radiology, Laboratory, Nutrition, Pharmaceutical, Medical Record, Hygiene, Health Promotion, Sanitarian, Security and Health Equipment Technician. The main instrument in this study is a questionnaire with Likert scale and the analysis used to test the hypothesis is path analysis using the computer-assisted calculation of SPSS (Statistical Product for Service Solutions) version 13.0. The study results show that improving the quality of service is directly significant effect on patient safety incidents but increasing physical facility does not directly affect patient safety incidents, while the patient safety culture directly significant effect on patient safety incidents. Improving the quality of services and physical facilities are not directly significant effect on patient safety incidents through the patient safety culture. This finding implies that improving the quality of services and physical facilities to prevent incidents can impact patient safety through patient safety culture in Jember Chest Hospital.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110820101014;
dc.subjectPENINGKATAN MUTU LAYANAN DAN FASILITAS FISIK TERHADAP BUDAYA DAN INSIDENen_US
dc.titlePENGARUH PENINGKATAN MUTU LAYANAN DAN FASILITAS FISIK TERHADAP BUDAYA DAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RS PARU JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record