Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 2 Bondowoso dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Materi SPLDV
Abstract
Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam bernalar, merumuskan, menggunakan, serta menafsirkan matematika secara efektif untuk memecahkan masalah dengan beragam konteks dalam kehidupan sehari-hari. Indikator kemampuan literasi matematika pada penelitian ini berdasarkan proses matematis PISA. AKM merupakan penilaian kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh seluruh siswa untuk mengembangkan kemampuan diri dan berperan positif dalam bermasyarakat (Kemendikbud, 2020). AKM mengukur 2 kompetensi dasar yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Soal AKM mengutamakan kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa dibidang konten, proses kognitif, dan konteks. Salah satu materi pada konten aljabar adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri 2 Bondowoso dalam menyelesaikan soal numerasi materi SPLDV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Bondowoso dengan subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bondowoso yang dikategorikan berdasarkan proses matematis PISA yang dipenuhi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian adalah soal numerasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa SMP Negeri 2 Bondowoso dalam menyelesaikan soal numerasi materi SPLDV rendah karena terdapat 22 dari 30 siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika rendah karena tidak memenuhi atau hanya memenuhi satu proses matematis PISA dan terdapat 3 siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika tinggi yaitu mampu memenuhi tiga proses matematis PISA dan 5 siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika sedang yaitu mampu memenuhi dua proses matematis PISA.