Show simple item record

dc.contributor.authorUMMAH, Kuntum Khoiro
dc.date.accessioned2025-03-24T06:51:33Z
dc.date.available2025-03-24T06:51:33Z
dc.date.issued2023-07-18
dc.identifier.nim190210204269en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125861
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 24 Maret 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractModel pembelajaran inkuiri adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan siswa untuk menggali informasi secara logis, sistematis, analisis, dan kritis sehingga siswa mampu menemukan secara mandiri (Anam, 2022:11). Model pembelajaran inkuiri dibedakan menjadi 4 tingkatan yaitu 1) inkuiri terkontrol; 2) inkuiri terbimbing; 3) inkuiri terencana; 4) inkuiri bebas (Anam, 2022:16). Tingkatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu inkuiri terbimbing. Salah satu variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir, keaktifan salah satunya dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan proses pembelajaran yang dibangun dari pertanyaan yang diajukan sehingga siswa didorong untuk aktif dalam memecahkan suatu masalah melalui kegiatan secara ilmiah. Kegiatan tersebut akan mendorong siswa untuk mencari, mengagali, dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan sehingga kegiatan pembelajaran lebih bermakna. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dalam kegiatan belajar di kelas yaitu siswa cenderung pasif dan kurang interaktif, penggunaan model pembelajaran belum sesuai tahapan atau prosedur seperti hanya menggunakan beberapa tahapan yaitu diskusi maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Karang Kedawung 02 Jember. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif yaitu penelitian eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Pengelompokan anggota sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 55 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Penelitian berfokus pada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas V di SDN Karang Kedawung 02 Jember. Tahapan yang dilakukan yaitu memberikan soal pre-test, memberikan treatment pada 2 kelas dengan model pembelajaran yang berbeda, dan memberikan soal post-test. Selanjutnya, melakukan analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan melakukan uji normalitas, uji-t, dan uji keefektifan relatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian pada analisis data yang telah dilakukan tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Karang Kedawung 02 Jember dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dilihat dari nilai signifikasi (2-tailed bernilai 0,000<0,05 dan berdasarkan pemerolehan 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yaitu sebesar 5,416 yang artinya nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 5,416>2,005, sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas di SDN Karang Kedawung 02 Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Agustiningsih, S. Pd., M. Pd DPA: Arik Aguk Wardoyo, S. Pd., M. PFisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Karang Kedawung 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S. Pd., M. PFis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_maret_2025_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record