Pengaruh Kualitas Pelayanan Religiositas, dan Kepercayaan terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Maal di LAZ RIZKI Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan, religiositas, dan kepercayaan terhadap minat Muzakki dalam
membayar zakat maal di LAZ RIZKI Jember. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data
diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 75 responden yang
merupakan Muzakki di LAZ RIZKI Jember. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan
kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki dalam
membayar zakat melalui LAZ RIZKI Jember. Semakin baik pelayanan
yang diberikan dan semakin tinggi tingkat kepercayaan muzakki terhadap
lembaga amil zakat, semakin besar minat mereka untuk menyalurkan
zakatnya. Sebaliknya, religiositas tidak berpengaruh signifikan terhadap
minat membayar zakat melalui LAZ, yang menunjukkan bahwa tingkat
keimanan seseorang bukan faktor utama dalam keputusan membayar zakat
melalui lembaga tersebut. Secara simultan, ketiga variabel tersebut
berkontribusi dalam menentukan minat muzakki. Oleh karena itu, penting
bagi LAZ RIZKI Jember untuk terus meningkatkan transparansi,
pelayanan, dan membangun kepercayaan guna menarik lebih banyak
muzakki.