dc.contributor.author | NURJANAH, Anna | |
dc.date.accessioned | 2025-03-19T03:09:23Z | |
dc.date.available | 2025-03-19T03:09:23Z | |
dc.date.issued | 2023-07-25 | |
dc.identifier.nim | 160210204105 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125789 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Maret 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kurikulum saat ini yang digunakan adalah kurikulum 2013. Kurikulum ini
mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran seperti berdiskusi, bertanya,
menalar dan mempresentasikan. Perlu diketahui bahwa kemampuan tiap siswa untuk
menyerap sebuah informasi berbeda-beda. Cara yang berbeda dalam menyerap sebuah
informasi ini adalah cara terbaik dan paling cepat bagi setiap siswa. Gaya belajar
adalah cara dan proses yang digunakan siswa untuk menerima informasi baru. Ada
siswa yang antusias dan aktif bertanya, tidak bisa diam dan mengganggu teman saat
pembelajaran dan susah berkonsentrasi untuk waktu yang lama. Untuk mendapatkan
hasil belajar yang maksimal, guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan siswa.
Keberhasilan suatu proses pembelajaran, dapat dilihat dari hasil belajar. Untuk
mendapatkan hasil belajar yang maksimal, siswa dibantu dan diarahkan untuk
mengenali gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka sendiri. Hal ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan menciptakan suasana
pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa. Agar pembelajaran
berhasil, diperlukan kreativitas guru dalam mengemas pembelajaran yang menarik dan
sesuai dengan karakteristik siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana
hubungan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPA di SDN Karangrejo 02?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah terdapat hubungan antara gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap
hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN Karangrejo 02.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Penelitian
korelasional merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menguji
sejauh mana hubungan antara suatu variabel dengan variabel lainnya. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 Jember. Subjek yang terdapat dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan data,
dilakukan penyebaran angket gaya belajar secara online melalui google form. Hasil
belajar siswa yang digunakan pada penelitian ini adalah nilai PAS (Penilaian Akhir
Semester) semester genap tahun ajaran 2022/2023.
Hasil penelitian didapat bahwa gaya belajar visual dengan hasil belajar siswa
kelas VA sebesar 0,654 dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 disimpulkan
terdapat hubungan positif dengan tingkat korelasi kuat. Signifikansinya diperoleh
0,001 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Gaya belajar
auditori dengan hasil belajar siswa kelas VA sebesar -0,366 dengan signifikansi (2-
tailed) sebesar 0,039 terdapat hubungan negatif dengan tingkat korelasi rendah antara
gaya belajar dengan hasil belajar kelas VA harga signifikansinya diperoleh 0,039 <
0,05 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Hasil uji korelasi antara
gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar siswa kelas VA sebesar -0,427 dengan
signifikansi (2-tailed) sebesar 0,015 terdapat hubungan negatif dengan tingkat korelasi
sedang antara gaya belajar dengan hasil belajar kelas VA karena hasil yang diperoleh
menunjukkan r hitung -0,427 dan harga signifikansinya diperoleh 0,015 < 0,05
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Gaya belajar visual . Dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap
hasil belajar siswa. Adapun saran pada penelitian ini, diharapkan guru lebih
memperhatikan gaya belajar siswa agar dapat meningkatkan efektivitas mengajarnya
sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih tertarik untuk
selalu belajar. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Drs. Nuriman, Ph.D
DPA: Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Gaya Belajar | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Pendidikan Dasar | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013 | en_US |
dc.title | Korelasi Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN Karangrejo 02 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_maret_2025_3 | en_US |