Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis ArcGIS Storymaps pada Sub Bab Potensi Sumber Daya Alam Siswa SMA
Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu aspek penting yang mampu memberikan kemudahan dalam proses tercapainya kesuksesan belajar. Pembelajaran geografi memiliki materi dengan cakupan yang luas dan kompleks. Tujuan Penelitian ini megembangkan media pembelajaran Arcgis Storymaps ini didukung dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation) yang memuat analisis kebutuhan, validitas media, dan respon pengguna yang diharapkan mampu memberikan solusi kebutuhan belajar dalam mendapatkan kevalidan media untuk diberikan dan memudahkan penggunaanya. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya media pembelajaran geografi berbasis ArcGIS Storymaps sangat valid dengan skor total 4,8 untuk validasi media, skor 4,75 untuk skor validasi materi, dan skor 4,95 untuk validasi praktisi pembelajaran. Hasil penelitian selanjutnya respon siswa memperoleh kategori sangat baik dengan skor 4,65 pada kelompok kecil dan skor 4,24 pada kelompok besar.