Pengaruh Model Collaborative Creativity Learning (CCL) Berbantuan Media Pear Deck Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model
pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) berbantuan media pear
deck terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar geografi siswa SMA.
Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan post-test only
control group desaign. Hasil perolehan rata-rata keterampilan komunikasi pada
dua pertemuan diketahui kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 8 (delapan)
yang termasuk dalam kategori baik dan kelas kontrol memiliki skor rata-rata 4
(empat) yang termasuk kategori cukup, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh
persentase rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 80% lebih tinggi
daripada kelas kontrol sebesar 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh signifikan penerapan model CCL berbantuan media pear deck terhadap
keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang
memperoleh nilai independent sample t-test (<0.05) diantaranya keterampilan
komunikasi senilai 0,000 dan hasil belajar senilai 0,002, sementara pada kelas
kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional tidak berpengaruh
signifikan.