• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kualitas Layanan E-Government Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Aplikasi Sedudo Kabupaten Nganjuk

    Thumbnail
    View/Open
    Villa Selvia_182410101009 (2.307Mb)
    Date
    2024-07-19
    Author
    SELVIA, Villa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk mendukung serta memenuhi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring dengan mengembangkan e-Government berupa aplikasi bernama SEDUDO (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online). Aplikasi Sedudo merupakan aplikasi berbasis mobile yang digunakan masyarakat Nganjuk untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan secara online, mulai dari pembuatan E-KTP, pengurusan permohonan KK baru, pindah KK, AKTA kelahiran, surat keterangan dari desa/kelurahan, dan dokumen kependudukan lainnya. Pada penelitian ini menggunakan metode e-GovQual yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan aplikasi Sedudo diterima oleh pengguna dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis layanan apa saja yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan dan yang perlu dipertahankan oleh pihak penyedia layanan aplikasi Sedudo Kabupaten Nganjuk. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan 4 (empat) variabel e-Govqual dengan 21 atribut. Hasil dari penelitian menunjukkan total dari nilai kinerja pada seluruh variabel e-GovQual memiliki skor 3 “Baik” sebesar 3,15 yang dapat diartikan bahwa kinerja layanan aplikasi Sedudo sudah memiliki kinerja yang baik menurut persepsi pengguna. Namun berdasarkan total kepentingan sebesar 3,32 menimbulkan kesenjangan sebesar -0,18 yang dapat diartikan bahwa kinerja layanan pada aplikasi Sedudo masih belum memenuhi kepentingan pengguna karena total kesenjangan bernilai negatif. Terdapat 1 (satu) atribut yang perlu menjadi prioritas khusus untuk dilakukan perbaikan pada layanan aplikasi Sedudo, yaitu situs e-Government berjalan dengan baik pada browser default pengguna (R6) yang mana pengguna merasa aplikasi Sedudo belum berjalan dengan baik di handphone pengguna (loading lama).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125664
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository