Retorika Tasya Farasya dalam Promosi Produk Kecantikan di Youtube
Abstract
Seiring dengan perkembangan media sosial, cara orang memanfaatkan media untuk beriklan juga sama berkembangnya. Salah satunya, dengan bekerja sama dengan orang yang mempunyai jumlah pengikut yang besar di akun media sosial untuk memromosikan produk. Fenomena ini dimanfaatkan oleh Tasya Farasya sebagai beauty influencer dengan pengaruh yang besar serta jumlah pengikut yang banyak di media sosial khususnya youtube untuk turut memromosikan produk khususnya yang berkaitan dengan kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait strategi, penggunaan diksi, serta kinesik dan okulesik Tasya Farasya saat memromosikan produk kecantikan di youtube. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, orang yang memanfaatkan media sosial untuk beriklan dapat melakukannya dengan baik dan efektif sehingga tujuan mempersuasi dapat tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi retorika, penggunaan diksi, kinesik dan okulesik yang digunakan Tasya Farasya dalam promosi produk sangat beragam sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima oleh resipiens dan tujuan beriklan dapat tercapai.