• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi SMA

    Thumbnail
    View/Open
    BINTI ROSYIDA_SKRIPSI REPOSITORI UNEJ.pdf (3.527Mb)
    Date
    2023-03-21
    Author
    ROSYIDA, Binti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di Indonesia kini menuntut adanya pembelajaran abad 21 yang didalamnya memuat beberapa keterampilan yang wajib dimiliki peserta didik, satu diantaranya yaitu keterampilan kolaborasi, namun di Indonesia tingkat keterampilan kolaborasi masih terkategori rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperoleh alternatif solusi ialah dengan pengimplementasian model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran geografi SMA. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Jember, jenis penelitian ini berupa kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta desain penelitian berbentuk post-test only control group design. Data yang didapatkan melalui angket dilakukan uji pengaruh dengan menerapkan analisis independent sample t-test, hasil pengujian tersebut menunjukkan nilai sig. 0,000. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran geografi SMA. Hal tersebut juga didukung dengan perbedaan skor keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen yang menunjukkan persentase skor lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu tingkat kolaborasi peserta didik kelas eksperimen mendapat klasifikasi kuat sejumlah 37% dan sangat kuat sejumlah 63%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125566
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository