• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Blitar Pada IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk Kelas IV di SDN Bumirejo 01 Blitar

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Fajar Wijayanti_200210204058_Watermark.pdf (4.098Mb)
    Date
    2024-07-11
    Author
    WIJAYANTI, Fajar Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum Merdeka mengorientasikan pada pembelajaran yang berkolaborasi dengan lingkungan sekitar. Pembelajaran dengan mengintegrasikan kearifan lokal Kabupaten Blitar dapat menjadikan pembelajaran bermakna. Pembelajaran ini dapat mengarahkan peserta didik untuk mengenal kebudayaan yang ada di lingkungan sekitar siswa. Pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik SD bahwa Blitar memiliki kebudayaan yang patut dibanggakan dengan ciri khasnya. Guru perlu mengintegrasikan pembelajaran dengan lingkungan sekitar peserta didik dengan materi IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku agar peserta didik dapat mengenal kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Pembelajaran di kelas pada materi tersebut belum berbasis kearifan lokal sekitar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan dengan hasil wawancara bersama guru kelas IV yang mengatakan bahwa guru dalam pembelajaran belum menggunakan bahan ajar modul pembelajaran berbasis kearifan lokal daerah setempat, guru tidak mengembangkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal, rendahnya pemahaman peserta didik terhadap kearifan lokal Kabupaten Blitar, modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar belum pernah digunakan di SDN Bumirejo 01 dan SDN Ngembul 04. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan adanya pengembangan modul pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis memudahkan pembelajaran karena bahan ajar ini dikembangkan secara inovatif dengan menggunakan software Canva sehingga meningkatkan efektifitas pembelajaran dan memuat materi kearifan lokal Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan bahan ajar modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar pada IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk kelas IV di SDN Bumirejo 01 Blitar yang valid, efektif, dan praktis terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan; 2) perencanaan dan pengembangan; 3) pengembangan desain produk awal; 4) validasi desain produk; 5) revisi produk awal; 6) uji coba penggunaan; 7) revisi produk pengembangan; 8) uji coba keefektifan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket respons peserta didik,tes hasil belajar, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar memiliki kategori sangat valid dengan interpretasi 87,2 (dari skala 100). Keefektifan modul dengan nilai bahwa thitung lebih besar daripada bahwa ttabel (11,186 > 1,708) dan memiliki kategori 69,98% dengan keefektifan tinggi. Kepraktisan modul dengan rata-rata nilai hasil perhitungan angket 92,16% (dari skala 100%) sangat praktis. Berdasarkan hasil pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar sangat layak, efektif, dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun saran yang diberikan, pembelajaran menggunakan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar membantu peserta didik dalam mempelajari materi Indonesiaku Kaya Budaya Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku tentang kearifan loka. Guru dapat mengoptimalkan penggunaan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar pada materi kelas IV sebagai pedoman pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai refrensi untuk pengembangan produk berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125477
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository