Pengembangan Media Digital Story Book untuk Mengefektifkan Hasil Belajar Materi Pola Hidup Gotong Royong pada Peserta didik Kelas IV di SDN Dabasah 1 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media digital story book untuk mengefektifkan hasil belajar materi pola hidup gotong royong pada peserta didik kelas IV di SDN Dabasah 1 Bondowoso dengan menghasilkan media pengembangan yang teruji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya memakai hingga tahap 8 saja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, lembar validasi, dan tes. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran digital story book memperoleh skor validasi media sebesar 84 (sangat valid). Keefektifan media pembelajaran digital story book diperoleh hasil dari uji independent sample t-test berdasarkan nilai pretest dan postest peserta didik yaitu 45,83% (sedang). Kepraktisan media dilihat berdasarkan skor angket respon peserta didik, skor yang diperoleh yaitu 84,71 (sangat praktis). Berdasarkan nilai yang diperoleh membuktikan bahwa media digital story book yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.