Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Geohepi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA/MA
Abstract
Pembelajaran geografi saat ini masih berfokus pada satu sumber belajar dan model pembelajaran yang digunakan belum maksimal dalam mempengaruhi kemampuan pola pikir kreatif dan hasil belajar siswa sehingga diberikan solusi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan bantuan media geohepi. Tujuan penelitiaan diharapkan adanya pengaruh yang signifikan dari model treffinger berbantuan media geohepi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Hasil posttest kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan media geohepi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi pada kelas eksperimen yang diberikan perlakukan diketahui nilai uji Independent Sample T-test dibawah (< 0,05).