Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Audio Visual Tema 4 Kewajiban dan Hakku Pada Siswa Kelas 3 SDN 1 Petung Pakem Bondowoso
Abstract
Pembelajaran Lembar kerja siswa sangat penting dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran karena berisi rangkuman materi yang dapat dipelajari melalui latihan, khususnya dalam bidang keberagaman sosial, ekonomi, budaya, suku, dan agama di lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan dampak Lembar Kerja Siswa (LKPD) audio visual tema Kewajiban dan Hakku yang valid, efektif, dan praktis untuk siswa kelas III SDN Petung 01 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes hasil belajar siswa. Hasil validasi produk LKPD audio visual tema hak dan tanggung jawab sebesar 89,2 dari ahli media, 92 dari ahli bahasa, dan 94 dari ahli isi dengan kategori sangat valid. Keefektifan LKPD yang ditentukan dari hasil belajar melalui perhitungan tes sampel mandiri menghasilkan hasil yang lebih besar dari nilai tabel (5,720 > 2,048) dengan derajat kebebasan 28. Perhitungan Effectiveness Rate (ER) dari selisih skor pretest dan posttest menunjukkan hasil sebesar 59,3% dengan kategori cukup efektif. Perhitungan efektivitas berdasarkan angket respon siswa menghasilkan hasil sebesar 92,4 dengan kategori sangat efektif dan praktis. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD audio visual tema hak dan tanggung jawab sangat valid, efektif, dan praktis, sehingga cocok digunakan dalam pembelajaran.