Analisis Model Bisnis dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas pada Barokah Park Situbondo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas yang dilakukan oleh salah satu perusahaan pariwisata di Situbondo yaitu Barokah Park. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif dan menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan informan. Informan dipenelitian ini adalah manajer dan sekretaris sebagai informan kunci dalam kaitannya dengan model bisnis perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan Barokah Park model bisnis yang telah terbentuk dalam 9 blok yaitu value propositions, segmen pelanggan, saluran, hubungan pelanggan, aktivitas utama, mitra utama, sumber daya utama, aliran pendapatan, struktur biaya. Model bisnis yang diterapkan memudahkan Barokah Park dalam menarik wisatawan untuk berkunjung ke Barokah Park. Terdapat beberapa kelemahan pada key activities dalam hal promosi.