Show simple item record

dc.contributor.authorWARDANI, Nur atika
dc.date.accessioned2025-02-18T08:23:53Z
dc.date.available2025-02-18T08:23:53Z
dc.date.issued2024-05-31
dc.identifier.nim190210205012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125416
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPeran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin sangat menentukan bagi pertumbuhan atau kemajuan suatu sekolah. Kinerja guru di kelas akan meningkat jika prinsip kepemimpinan mampu memotivasi mereka. Sangat penting bagi kepala sekolah untuk menunjukkan dedikasi dan komitmen yang kuat terhadap tugas-tugas yang diemban, karena kinerja guru memiliki dampak signifikan terhadap kualitas pendidikan. Salah satu aspek yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan adalah kemampuan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang tepat untuk siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran kepemimpinan kepala sekolah TK Pertiwi Jember dalam kinerja guru di TK Pertiwi Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah TK Pertiwi Jember dalam kinerja guru di TK Pertiwi Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti akan melakukan evaluasi, dan manajemen dari setiap peristiwa yang terjadi di lapangan untuk mengumpulkan informasi yang akurat dan mendalam tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian kepala sekolah telah mengupayakan memberikan bimbingan kepada guru, yaitu dalam rapat tertentu. Minimal 1 kali dalam sebulan kepala sekolah mengadakan pertemuan dengan para guru, guna mendengarkan semua keluhan atau permasalahan dari para guru. kepala sekolah selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian pesat. Untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepala sekolah selalu mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, dan menelusuri perkembangan informasi melalui media elektronik. Kepala sekolah juga selalu memberikan informasi terkait seminar dan pelatihan kepada para guru agar dapat mengikuti perkembangan IPTEK, namun kenyataannya di lapangan tidak sesuai yang diharapkan. Yayasan belum maksimal dalam memberikan dana kepada sekolah untuk membiayai guru dalam mengikuti seminar. Sebagai edukator kepala sekolah di TK Pertiwi Kabupaten Jember menjadi teladan bagi para guru dalam mentaati peraturan seperti datang lebih awal dan pulang sesuai waktu yang telah disepakati, melaksanakan piket senyum, sapa dan salam untuk menyambut siswa yang datang, berkomunikasi dengan lembut, mau menerima saran dari bawahan serta peduli terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru-gurunya. Kepala sekolah sebagai supervisor di TK Pertiwi Kabupaten Jember meliputi membuat dan melaksanakan rencana supervisi, menggunakan hasil rencana tersebut untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja staf dan guru dan menggunakan hasil rencana tersebut untuk memajukan sekolah. Kepala sekolah menggunakan teknik kunjungan kelas dan diskusi kelompok untuk melaksanakan teknik dan pendekatan pembelajaran selama menjalankan tugasnya sebagai supervisor. Namun dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah perlu memberikan masukan, saran dan ilmu yang di dapat oleh kepala sekolah untuk membaginya pada guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, TK Pertiwi Kabupaten Jember Kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai motivator melaksanakan beberapa strategi. Yang pertama yaitu mengatur ruangan serta lingkungan supaya kondusif, sejuk, dan nyaman. Kepala Sekolah menjalankan perannya sebagai motivator mengatur suasana kerja dengan menciptakan hubungan yang harmonis dengan guru dan karyawan. Dalam menciptakan hubungan yang harmonis dengan guru serta karyawan, kepala sekolah menganggap seperti teman tanpa ada rasa atasan dan bawahan. Kepala Sekolah dalam menjalankan perannya sebagai motivator juga menerapkan pemberian penghargaan berupa insentif kepada guru terutama guru yang berprestasi untuk meningkatkan kinerjanya. Dalam pemberian insentif Kepala Sekolah melakukan pendataan terkait dana yang akan diterima guru dari yayasan dan biasanya pemberian bonus diberikan pada akhir tahun.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKinerja Guruen_US
dc.subjectKepemimpinan Kepala Sekolahen_US
dc.titleKepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di TK Pertiwi Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPG PAUDen_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S. Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record