dc.contributor.author | WARDANI, Nur atika | |
dc.date.accessioned | 2025-02-18T08:23:53Z | |
dc.date.available | 2025-02-18T08:23:53Z | |
dc.date.issued | 2024-05-31 | |
dc.identifier.nim | 190210205012 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125416 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Peran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin sangat menentukan bagi
pertumbuhan atau kemajuan suatu sekolah. Kinerja guru di kelas akan meningkat
jika prinsip kepemimpinan mampu memotivasi mereka. Sangat penting bagi
kepala sekolah untuk menunjukkan dedikasi dan komitmen yang kuat terhadap
tugas-tugas yang diemban, karena kinerja guru memiliki dampak signifikan
terhadap kualitas pendidikan. Salah satu aspek yang sangat penting dalam
pelaksanaan pendidikan adalah kemampuan guru dalam menyusun kegiatan
pembelajaran yang tepat untuk siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah peran kepemimpinan kepala sekolah TK Pertiwi Jember
dalam kinerja guru di TK Pertiwi Jember? Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepemimpinan
kepala sekolah TK Pertiwi Jember dalam kinerja guru di TK Pertiwi Jember. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif
yaitu peneliti akan melakukan evaluasi, dan manajemen dari setiap peristiwa yang
terjadi di lapangan untuk mengumpulkan informasi yang akurat dan mendalam
tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.
Berdasarkan hasil penelitian kepala sekolah telah mengupayakan
memberikan bimbingan kepada guru, yaitu dalam rapat tertentu. Minimal 1 kali
dalam sebulan kepala sekolah mengadakan pertemuan dengan para guru, guna
mendengarkan semua keluhan atau permasalahan dari para guru. kepala sekolah
selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
kian pesat. Untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengikuti perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi, kepala sekolah selalu mengikuti pelatihan,
mengikuti seminar, dan menelusuri perkembangan informasi melalui media
elektronik. Kepala sekolah juga selalu memberikan informasi terkait seminar dan
pelatihan kepada para guru agar dapat mengikuti perkembangan IPTEK, namun
kenyataannya di lapangan tidak sesuai yang diharapkan. Yayasan belum maksimal
dalam memberikan dana kepada sekolah untuk membiayai guru dalam mengikuti
seminar. Sebagai edukator kepala sekolah di TK Pertiwi Kabupaten Jember
menjadi teladan bagi para guru dalam mentaati peraturan seperti datang lebih awal
dan pulang sesuai waktu yang telah disepakati, melaksanakan piket senyum, sapa
dan salam untuk menyambut siswa yang datang, berkomunikasi dengan lembut,
mau menerima saran dari bawahan serta peduli terhadap permasalahan yang
dihadapi oleh guru-gurunya.
Kepala sekolah sebagai supervisor di TK Pertiwi Kabupaten Jember
meliputi membuat dan melaksanakan rencana supervisi, menggunakan hasil
rencana tersebut untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja staf dan guru
dan menggunakan hasil rencana tersebut untuk memajukan sekolah. Kepala
sekolah menggunakan teknik kunjungan kelas dan diskusi kelompok untuk
melaksanakan teknik dan pendekatan pembelajaran selama menjalankan tugasnya
sebagai supervisor. Namun dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah perlu
memberikan masukan, saran dan ilmu yang di dapat oleh kepala sekolah untuk
membaginya pada guru.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, TK Pertiwi Kabupaten
Jember Kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai motivator
melaksanakan beberapa strategi. Yang pertama yaitu mengatur ruangan serta
lingkungan supaya kondusif, sejuk, dan nyaman. Kepala Sekolah menjalankan
perannya sebagai motivator mengatur suasana kerja dengan menciptakan
hubungan yang harmonis dengan guru dan karyawan. Dalam menciptakan
hubungan yang harmonis dengan guru serta karyawan, kepala sekolah
menganggap seperti teman tanpa ada rasa atasan dan bawahan. Kepala Sekolah
dalam menjalankan perannya sebagai motivator juga menerapkan pemberian
penghargaan berupa insentif kepada guru terutama guru yang berprestasi untuk
meningkatkan kinerjanya. Dalam pemberian insentif Kepala Sekolah melakukan
pendataan terkait dana yang akan diterima guru dari yayasan dan biasanya
pemberian bonus diberikan pada akhir tahun. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kinerja Guru | en_US |
dc.subject | Kepemimpinan Kepala Sekolah | en_US |
dc.title | Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di TK Pertiwi Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PG PAUD | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reski Yulina Widiastuti, S. Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Teddy | en_US |