Pengaruh Media Interaktif Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA/MA
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangatlah canggih dan cepat, sehingga berpengaruh dalam setiap aspek kehidupan. Pemilihan media sering kali tidak sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Kebutuhan siswa saat ini berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi agar mempermudah dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan untuk mengkaji adanya pengaruh signifikan dari media pembelajaran interaktif Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran geografi siswa SMA/MA. Metode penelitian menggunakan kuarsi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media interaktif Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan nilai T-test 0,004. Siswa pada kelas eksperimen lebih mudah memahani materi yang diajarkan jika menggunakan media Articulate Storyline daripada kelas kontrol yang tidak diberikan media Articulate Storyline. Data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari media interaktif Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan daripada kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan.