Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fitur Produk, dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KC Jember
Abstract
Perbankan syariah merupakan bentuk bidang usaha yang memiliki
pelayanan mengarah pada profit, karena bank syariah tidak hanya bertanggung
jawab untuk mencari keuntungan tanpa mempertimbangkan manfaat dan tujuan
sebagai sebuah bisnis syariah yang berdasarkan pada konsep Al-Qur’an dan AsSunnah. Dalam perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa seperti
perbankan syariah. Kesetiaan nasabah sangat diperlukan untuk keberlangsungan
transaksi yang dilakukan.
Loyalitas nasabah adalah perilaku yang ditunjukkan oleh nasabah kepada
perusahaan untuk membuktikan kesetiaan nasabah. Dalam upaya mendapatkan
loyalitas nasabah, Bank Muamalat Indonesia (BMI) memberikan fasilitas
pelayanan terbaik, fitur produk yang beragam sesuai dengan syariah, dan
pemasaran digital yang dilakukan guna mempermudah nasabah dalam melakukan
transaksi. Oleh karena itu, kajian terhadap loyalitas nasabah BMI penting untuk
dilakukan. Sementara itu persaingan perbankan syariah di Kabupaten Jember
semakin bertambah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan, fitur produk, dan digital marketing terhadap loyalitas nasabah
pada Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Rancangan penelitian yang dilakukan
adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank
Muamalat Indonesia dan pengambilan sampel manggunakan teknik nonprobability dengan menggunakan rumus Heir indikator variabel penelitian dikali
dengan 5 (lima), sehingga ditentukan sejumlah 105 sesponden dengan kriteria
responden merupakan nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Penelitian
ini menggunakan jenis data kuantitatif, sumber data pada penelitian ini
menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban responden melalui google
form kepada nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Metode analisis data
pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda menggunakan aplikasi
IBM SPSS Statistics 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat
Indonesia KC Jember. Variabel fitur produk tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Variabel Digital
Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank
Muamalat Indonesia KC Jember.