Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen pada Produk Streaming Musik Spotify Premium
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat di seluruh Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan telah berlangganan Spotify Premium selama kurang lebih 3 bulan terakhir. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh langsung variabel kualitas layanan elektronik, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap niat beli ulang. Pengaruh langsung variabel kepuasan konsumen terhadap niat beli ulang dan memediasi variabel e-service quality, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap niat beli ulang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik purposive sampling pada 190 responden asal Indonesia yang telah berlangganan Spotify Premium selama kurang lebih 3 bulan terakhir dan berusia minimal 18 tahun. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3) Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 4) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. 5) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. 6) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. 7) Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. 8) E-service quality berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap repurchase intention melalui consument satisfaction sebagai variabel intervening. 9) Kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap niat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. 10) Persepsi harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.