Analisis Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) selama Pandemi pada Guru Kelas di SD Negeri 2 Ngranti Tulungagung
Abstract
Pada masa pandemi covid-19 melanda Indonesia, dunia pendidikan terdampak yang mengakibatkan terganggunya proses pembelajaran. Pembalajaran pada pandemi covid-19 tetap dilaksanakan namun berbeda dari pembelajaran normal yaitu dengan cara Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Hal ini menjadi tantangan dan juga masalah bagi guru dalam mengatur dan mengelola kelas sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan manajemen kelas selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SD Negeri 2 Ngranti Tulungangung selain itu juga untuk mendeskripsikan kendala yang dialami guru dan upaya mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Subyek penelitian adalah guru kelas I sampai kelas VI. Objek penelitian ini berupa pengelolaan kelas bagi guru kelas, hambatan yang dialami oleh guru dan upaya mereka untuk mengatasi hambatan tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dengan pertanyaan terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunaan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan yaitu dengan tahap reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir semua pengelolaan kelas selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) oleh kelas guru belum dilaksanakan secara optimal. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam menyampaikan materi dan perbedaan tempat ketika pembelajaran daring menjadikan pemahaman materi oleh peserta didik menjadi berkurang. Terbatasnya sarana peserta didik serta masih terdapat yang tidak menaati prokes juga menjadi pengaruh sekaligus hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) sehingga sebagian besar guru kelas hanya dapat menyederhanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa dan wali kelas.