• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas SIPRAJA dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

    Thumbnail
    View/Open
    maulin khalifah 190910201115.pdf (1.745Mb)
    Date
    2023-07-18
    Author
    RUSDI, Maulin Khalifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penyelenggaraan pelayanan publik adalah salah satu tanggung jawab pemerintah yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah tanpa terkecuali. Landasan hukum penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Sehubungan dengan pelayanan publik, perkembangan era digital saat ini dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pemanfaatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dibidang pemerintahan disebut dengan E-Government. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang mendukung penyelenggaraan pelayanan publik berbasis elektronik melalui Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 46 Tahun 2018 Tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Menuju Smart City di Kabupaten Sidoarjo. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan inovasi pelayanan publik berbasis online melalui program aplikasi unggulan yakni Sipraja. Hadirnya Sipraja dilatar belakangi karena anggapan bahwa pelayanan pemerintah yang lambat, mahal, melelahkan, berbelit, dan tidak pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Sipraja dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Sipraja di kantor Kecamatan Tanggulangin sampai saat ini berjalan dengan baik tetapi belum dapat dikatakan efektif dikarenakan masih ditemukan kendala. Kendala tersebut diantaranya masih ada masyarakat yang belum tahu Sipraja dan paham penggunaan teknologi serta kendala teknis dalam Sipraja selama proses pengajuan dokumen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125090
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5704]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository