Show simple item record

dc.contributor.authorSINTAWATI, Dwi
dc.date.accessioned2025-01-23T02:14:23Z
dc.date.available2025-01-23T02:14:23Z
dc.date.issued2024-07-10
dc.identifier.nim200910302058en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125076
dc.description.abstractKabupaten Jember merupakan wilayah perkotaan yang juga tidak terlepas dari keberadaan para PKL. Diantaranya pedagang kopi yang banyak dijumpai disekitar kawasan trotoar Alun-Alun Kabupaten Jember. Adanya kebijakan dari pemerintah yang memperbolehkan siapa saja untuk berdagang di sekitar Alun-Alun Kabupaten Jember, membuat semakin banyaknya pedagang kopi yang menjadikan persaingan tidak dapat dihindari. Para pedagang dituntut untuk dapat mengimprovisasi kemampuan dalam berdagang agar dapat bersaing dengan pedagang kopi lainnya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat persaingan antar pedagang kopi di Alun-Alun Kabupaten Jember. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori praktik sosial dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Proses dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik dengan dilengkapi metode analisis model Miles dan Huberman yang kemudian dianilisis dengan teori Praktik Sosial Pierre Bourdieu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi pedagang kopi di alun-alun Kabupaten Jember mengenai persaingan. Diantaranya persaingan dianggap sebagai suatu hal yang biasa, persaingan dianggap sebagai tantangan berat, dan persaingan dianggap sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Perbedaan pandangan ini kemudian merujuk pada berbagai strategi yang digunakan setiap pedagang kopi dalam bersaing yang diantaranya terdiri dari memperhatikan kelengkapan fasilitas dagangan, membangun jaringan sosial, tawakal dan berdoa, serta menggunakan jasa penglaris Kata Kunci : Pedagang kopi, Persaingan, Praktik Sosial, Strategien_US
dc.description.sponsorshipBapak Nurul Hidayat, S.Sos., MUP Bapak Lukman Wijaya Baratha S.Sos., M.Aen_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPedagang Kopien_US
dc.subjectPersainganen_US
dc.subjectPraktik Sosialen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.titlePersaingan Antar Pedagang Kopi di Alun-Alun Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Nurul Hidayat, S.Sos., MUPen_US
dc.identifier.pembimbing2Lukman Wijaya Baratha, S.Sos., M.A.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Januari 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_01_tanggal 23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record