dc.contributor.author | CAHYANI, Rosella Aji | |
dc.date.accessioned | 2025-01-21T06:48:43Z | |
dc.date.available | 2025-01-21T06:48:43Z | |
dc.date.issued | 2024-12-03 | |
dc.identifier.nim | 200210204144 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125043 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan adalah kumpulan kegiatan yang direncanakan secara sadar
untuk menciptakan lingkungan dan proses pembelajaran yang memungkinkan
siswa mengembangkan sikap keagamaan, kecerdasan, kemampuan, dan
keterampilan yang baik. Penerapan pendidikan harus disesuaikan dengan
kurikulum yang berlaku. Kurikulum merdeka berfokus pada materi esensial
sehingga dapat membangun kreativitas dan inovasi peserta didik, pembelajaran
yang fleksibel dengan penyesuaian konteks perkembangan peserta didik, serta
pengembangan soft skills dan karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) yang berperan sebagai kerangka penilaian pendidikan dengan
mencakup elemen–elemen kemajuan siswa dalam mengembangkan keterampilan.
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran abad 21 sangat dipengaruhi oleh pemilihan
model pembelajaran. Model pembelajaran adalah tahapan atau kerangka dalam
melaksanakan pembelajaran di kelas sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran yang dapat digunakan pada kurikulum merdeka salah satunya
model Teams Games Tournament (TGT) (Purike dalam Nur’aeni 2023). Model
pembelajaran tersebut dapat dikolaborasikan dengan beberapa tuntutan
kemampuan abad 21, salah satunya collaboration skills.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh model
Teams Games Tournament berbantu Kahoot terhadap Collaboration skills Siswa
Kelas V di SDN Sukorambi 01 Jember?”. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini
yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Teams Games Tournament
berbantuan Kahoot terhadap Collaboration skills Siswa Kelas V di SDN Sukorambi
01 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental
semu (Quasi Experimental) dengan desain Non Equivalent Control Group. Sampel
penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A dan kelas V B dengan jumlah 25 dan
27 peserta didik. Sebelum menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen,
dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kedua varians
memiliki kemampuan awal yang sama atau tidak berdasarkan nilai ulangan harian
melalui SPSS versi 25. Uji homogenitas pada kedua kelas menghasilkan
signifikansi sebesar 0,372 sehingga kedua kelas dinyatakan homogen.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian dan telah dilakukan uji validitas
dan uji reliabilitas sebelumnya. Hasil uji validitas mendapatkan nilai sebesar 82
(sangat layak) dan uji reliabilitas mendapatkan nilai sebesar 0,887 (tinggi). Analisis
data statistik penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji independent sample
t-test. Data yang digunakan untuk kedua analissi tersebut adalah hasil lembar
observasi collaboration skills kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji normalitas
memperoleh signifikansi (0,170 dan 0,068) > 0,05 sehingga data dapat dikatakan
berdistribusi normal dan memenuhi syarat uji statistic parametrik. Rata-rata nilai
kolaborasi peserta didik kelas kontrol sebesar 60,1 dan kelas eksperimen sebesar
85,4. Hasil perhitungan uji independent sampel t-test mendapatkan nilai bahwa
nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 13.058 dan derajat kebebasan (db) 50 adalah 1.675. Maka
dapat diketahui bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (13.058 > 1.675) dengan taraf signifikansi
0,05 sehingga hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻1) diterima.
Selanjutnya dilakukan uji keefektifan relatif (ER) yang memperoleh hasil 35%
dengan kategori keefektifan sedang.
Berdasarkan keseluruhan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media
kahoot terhadap collaboration skills siswa kelas V SDN Sukorambi 01. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Drs. Nuriman, Ph.D.
Pembimbing Anggota Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Teams Games Tournament | en_US |
dc.subject | Kahoot | en_US |
dc.subject | Collaboration Skills Siswa | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Kahoot terhadap Collaboration Skills Siswa | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 Januari,2025 | en_US |