Penerapan Pelayanan Tiket Kereta Api dengan menggunakan Loketbox di Stasiun Jember
Abstract
Perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) adalah perusahaan yang bergerak di
bidang transportasi, khususnya kereta api. Wilayah kerja Daerah Operasi Daerah
Operasional 9 Jember terletak di ujung timur Pulau Jawa dengan pusat operasional
di Jember, dan berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Dalam
rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang, KAI telah menerapkan
penggunaan Loketbox, yaitu aplikasi berbasis self-service yang tersedia di stasiun.
Aplikasi ini memungkinkan calon penumpang untuk melakukan transaksi sendiri,
sehingga mereka lebih leluasa dalam mengatur perjalanan mereka. Namun,
meskipun Loketbox, dirancang untuk kemudahan, beberapa calon penumpang di
KAI Daerah Operasional 9 Jember masih belum mengetahui cara penggunaannya.
Untuk mengatasi masalah ini, KAI Daerah Operasional 9 Jember masih
membutuhkan petugas untuk mengarahkan cara penggunaan Loketbox tersebut.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merumuskan penerapan pelayanan
tiket kereta api melalui Loketbox di Stasiun Jember. Jenis data yang digunakan
dalam penyusunan tugas akhir ini adalah kualitatif, dengan sumber data yang
berasal dari data primer dan sekunder. Tugas akhir ini akan membahas proses
pelayanan di Loketbox, terutama pada menu pemesanan tiket antar kota dan menu
pembatalan tiket. Tantangan yang dihadapi dalam penggunaan Loketbox antara
lain adalah kurangnya pemahaman calon penumpang tentang cara
penggunaannya. Berdasarkan tantangan tersebut, diperlukan adanya sosialisasi
kepada masyarakat mengenai penggunaan Loketbox serta penambahan papan
informasi di stasiun untuk memberikan panduan yang lebih jelas kepada calon
penumpang.
Dengan adanya sosialisasi dan penambahan papan informasi, diharapkan
calon penumpang akan lebih mudah memahami dan menggunakan Loketbox. Ini
tidak hanya akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses pembelian tiket, tetapi juga akan mengurangi beban kerja petugas di stasiun.
Selain itu, peningkatan pemahaman masyarakat terhadap penggunaan teknologi
seperti Loketbox akan mendukung modernisasi sistem transportasi kereta api di
Indonesia, khususnya di wilayah Daerah Operasional 9 Jember. Sosialisasi dapat
dilakukan melalui berbagai media, seperti brosur, banner, dan media sosial, serta
melalui kegiatan edukasi langsung di stasiun-stasiun. Hal ini penting agar semua
lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi, dapat
merasakan manfaat dari inovasi yang ditawarkan oleh KAI.
Collections
- DP-Travel Agent [253]