Pengembangan Media Komik Edukatif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 2 Konstitusi dan Norma di Masyarakat Kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi
Abstract
Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang termasuk dalam
Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD yaitu
untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, memperkuat moral, perilaku, serta sikap peserta didik, dan
memberikan pengetahuan serta keterampilan dasar mengenai hubungan baik
antara warga negara Indonesia yang berpancasila dengan warga negara lain serta
sesama warga negara Indonesia. Hasil wawancara dan observasi pembelajaran
juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas IV SDN 4 Sukorejo
Banyuwangi menghadapi kendala berupa kurangnya media pembelajaran yang
variasi dalam proses pembelajaran. Keterbatasan teknologi dan infrastuktur
menyebabkan sekolah tidak mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis
digital sehingga penggunaan media pembelajaran sebatas buku teks, selain itu
metode pembelajaran yang didominasi ceramah dan penjelasan satu arah membuat
suasana kelas cenderung monoton, sehingga peserta didik kurang aktif dan terlibat
dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni, mengetahui proses
pengembangan media komik edukatif mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 2
konstitusi dan norma di masyarakat kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi serta
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan penelitian, namun pada
pelaksanaannya hanya pada tahap kedelapan. Kedelapan tahap yang dilakukan
yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan
desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba
penggunaan produk, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Sukorejo Banyuwangi pada semester ganjil
tahun ajaran 2024/ 2025 dengan subjek penelitian kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Metode dan instrumen yang
digunakan yakni, wawancara, observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu validasi ahli, uji validitas empirik, uji
reliabilitas, uji t, uji keefektifan relatif serta analisis data respons peserta didik.
Pengembangan produk media komik edukatif mata pelajaran Pendidikan
Pancasila unit 2 konstitusi dan norma di masyarakat kelas IV SDN 4 Sukorejo
Banyuwangi menghasilkan produk yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi
ahli menunjukkan skor sebesar 87,66% dengan kategori sangat layak. Hasil uji
keefektifan sebesar 70,12% dengan kategori keefektifan tinggi. Hasil uji
kepraktisan menunjukkan skor sebesar 90,15% dengan kategori sangat praktis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan yakni,
sebaiknya media pembelajaran komik edukatif dapat diinovasikan lagi, terutama
dengan mengembangkan komik pada materi yang lebih luas. Uji keefektifan juga
sebaiknya tidak hanya mengukur ranah kognitif, tetapi juga aspek afektif dan
psikomotorik. Selain itu, produk ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan
memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas
media pembelajaran.