dc.contributor.author | ARIANI, Regita Intan | |
dc.date.accessioned | 2025-01-21T03:27:48Z | |
dc.date.available | 2025-01-21T03:27:48Z | |
dc.date.issued | 2023-06-13 | |
dc.identifier.nim | 190210301032 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125013 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan interpersonal dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilator belakangi oleh banyaknya peserta didik yang bersikap kurang bersosialisasi terhadap guru ataupun temannya sehingga ia mengalami kesulitan dalam menyampaikan apa yang diinginkan dan kurangnya keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal ekonomi, hal tersebut terjadi karena tidak ada minat atau tekad yang kuat untuk berusaha dalam menciptakan hal-hal baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Ambulu kelas XI IPS tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menetapkan pertimbangan atau kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat dua kelas yang terdiri dari 36 peserta didik yaitu masing-masing dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 terpilih sebagai sampel penelitian karena memiliki nilai yang cenderung tinggi.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan interpersonal dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023 sebesar 78,9%. Minat belajar akan mendorong siswa belajar lebih baik dan kecerdasan interpersonal akan menciptakan refleksi terhadap siswa atas apa yang telah dia pelajari, dengan demikian kecerdasan interpersonal dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, semakin tinggi minat belajar dan kecerdasan interpersonal siswa maka semakin optimal pula hasil belajar yang didapatkan siswa di sekolah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.
Wiwin Hartanto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Interpersonal | en_US |
dc.subject | Minat Belajar | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Minat Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Wiwin Hartanto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Januari 2025 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2025_01_tanggal 21 | en_US |